Total Pengunjung

AYO MEMBACA ALQURAN SECARA BERMAKNA UNTUK MENATA KEHIDUPAN SEMESTA !!

Selasa, 24 Juli 2012

Belajar Dari Khalifah Pertama

Terkait dengan upaya pemeliharaan dan penataan alam semesta, Allah sebagai Rabb alam semesta menyampaikan kepada kita melalui Albaqarah ayat 30 bahwa kita adalah Khalifah di bumi yang bertugas menegakkan sistem Allah dalam memelihara dan menata kehidupan alam semesta. Untuk itu Allah menyodorkan petunjuk-Nya bahwa kita harus belajar dari tiga manusia yang pernah menjabat sebagai Khalifah, yaitu Adam sebagai Khalifah pertama, Bani Israil sebagai Khalifah yang gagal, dan Ibrahim sebagai Khalifah yang sukses.

Pertama, kita akan belajar dari Khalifah pertama. Pembelajaran itu kita peroleh di Albaqarah ayat 30 - 39.

Di ayat 30 kita membaca tentang kelayakan Adam menjadi Khalifah oleh karena ia mendapatkan pengajaran tentang "Al-Asma", menepis hitungan Malaikat bahwa orang yang akan dijadikan Khalifah adalah orang yang akan membuat kerusakan di bumi dan saling menumpahkan darah. Tentang ini, silakan baca di sini dan di sini

Yang kita pelajari dari Khalifah pertama adalah tentang pengetahuan dan kepatuhan kepada Allah. Kita memperoleh kehidupan surga setelah kita menerima dan mengikuti ajaran Allah. Ketika kita tidak lagi patuh terhadap ajaran yang telah kita terima, maka kita telah menzalimi diri sendiri, yaitu mengeluarkan diri dari kehidupan surga yang penuh dengan kenikmatan rohani dan jasmani kepada kehidupan yang penuh tipu daya dan permusuhan satu sama lainnya.

Apa yang harus kita lakukan ketika kita tergelincir dalam ketidakpatuhan kepada Allah?

Sang Khalifah pertama mengajarkan Taubat kepada Allah. Taubat adalah kembali kepada petunjuk Allah. Itu berarti kembali menerima dan mengikuti ajaran Allah. Dengan ajaran Allah, kita tidak lagi khawatir dan bersedih hati menghadapi kehidupan yang penuh fatamorgana, pertikaian dan permusuhan. Adapun orang-orang yang menolak ajaran Allah, mereka akan tetap berada dalam kehidupan neraka, yaitu kehidupan yang penuh dengan api yang membakar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar