Total Pengunjung

AYO MEMBACA ALQURAN SECARA BERMAKNA UNTUK MENATA KEHIDUPAN SEMESTA !!

Senin, 23 Juli 2012

Tugas Sang Khalifah


Sungguh teramat berat tugas yang kita emban. Menjadi Khalifah di bumi! Apakah itu berarti kita menjadi Wakil-Nya mengurusi kehidupan di bumi? Ah, siapakah kita? Dia adalah cahaya terang benderang, sedangkan kita hanyalah lumpur hitam pekat, gelap. Bukankah jika cahaya itu datang maka kegelapan akan sirna?

Sungguh teramat berat tugas yang kita emban. Bahkan langit, bumi, dan gunung-gunung, semuanya enggan menerima tugas tersebut. Mereka khawatir akan mengkhianatinya. Sedangkan kita? terlalu zalim dan bodoh! Bahkan kita meminta-minta dan memperebutkan tugas tersebut! (QS. 33:72)

Tapi dengarlah, Dia telah berfirman: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang Khalifah di muka bumi" (QS. 2:30) dan Dia telah memilih kita, manusia, menjadi Khalifah-Nya! (QS. 27:62)

Menjadi Khalifah adalah menerima tugas untuk mengelola kehidupan di bumi. Maka, setiap kita adalah Penanggung Jawab kehidupan bumi sesuai dengan kapasitas kita masing-masing. Paling tidak menjadi Penanggung Jawab atas kehidupan kita sendiri.

Menjadi Khalifah memang tugas yang teramat berat. Tapi ingat, Dia tidak akan membiarkan kita percuma begitu saja tanpa ada petunjuk (QS. 75:36) Dan sungguh, Dia akan mengawasi bagaimana kita berbuat dengan kapasitas kita sebagai Khalifah-Nya (QS. 10:14)

Menjadi Khalifah, itulah kita! Saat ini dan di sini! Lalu masihkah kita berdiam diri menunggu nanti? Inilah yang kita lakukan sebagaimana Dia perintahkan kepada Daud: Hai Daud, sesungguhnya Kami menjadikan kamu Khalifah di muka bumi, maka berilah keputusan di antara manusia dengan adil dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, karena ia kan menyesatkan kamu dari jalan Allah. Sesungguhnya orang-orang yang sesat dari jalan Allah akan mendapat azab yang berat, karena mereka melupakan hari perhitungan (QS. 38:26).

Jadi, engkau wahai Khalifah, engkaulah penegak hukum Allah atas kehidupan bumi! Setidak-tidaknya atas kehidupanmu sendiri!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar