Total Pengunjung

AYO MEMBACA ALQURAN SECARA BERMAKNA UNTUK MENATA KEHIDUPAN SEMESTA !!

Senin, 25 Juni 2012

Kelompok Taqwa Adalah Kelompok Aksi


Baiklah, kita telah memilih menjadi bagian dari kelompok Taqwa dengan tujuan kita dapat membaca Alquran sebagai kitab petunjuk bagaimana menjalani kehidupan yang sesuai dengan kehendak Allah (Qs.2:2) 

Membaca Alquran adalah upaya kita memahami nilai-nilai kehidupan yang dirancang Allah yang tersusun sebagai sebuah sistem yang utuh. Pemahaman tersebut terinternalisasi dalam diri pembaca Alquran melalui proses aksi membuktikan nilai-nilai tersebut secara terus-menerus. Aksi itu kita kenal dengan istilah amal sholeh.

Oleh karena itu, kelompok Taqwa tidak hanya sekedar membaca Alquran untuk memuaskan dahaga intelektual saja, tetapi mereka membaca untuk beraksi. Paduan wacana + aksi yang berproses terus-menerus inilah yang menjaga kita tetap bertahan dalam kelompok Taqwa. lalu apakah tujuan aksi kelompok Taqwa?

Tujuan aksi kelompok Taqwa adalah mengajak seluruh umat manusia agar ikut bergabung ke dalam kelompok Taqwa, agar mereka juga mampu membaca Alquran sebagai  kitab petunjuk, lalu secara bersama-sama mengelola kehidupan bumi. Tujuan itu dicapai, sekaligus juga dipelihara melalui jalan pengabdian murni kepada Allah.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ 
Hai manusia, sembahlah Rabb-mu Yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertaqwa. (QS. 2:21)

الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ فِرَاشًا وَالسَّمَاءَ بِنَاءً وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَكُمْ ۖ فَلَا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ 
Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui. (QS. 2:22)


Sebagai permulaan, Alquran menyebut cara dan tujuan aksi secara global sebagaimana yang tertulis dalam Qs.2:21-22. Pada ayat-ayat berikutnya, Alquran akan menjelaskan secara detail mengenai cara dan tujuan aksi kelompok Taqwa.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar