Total Pengunjung

AYO MEMBACA ALQURAN SECARA BERMAKNA UNTUK MENATA KEHIDUPAN SEMESTA !!

Selasa, 10 April 2012

Dengan Nama Allah


“Ayah, emang kenapa kalau mau makan harus baca bismillah?” itu pertanyaanmu saat kecil. “Kalau makan tidak baca bismillah nanti dimarahin Allah. Dan setan tidak bisa ikut makan sama kita.” Begitu Ayah jawab. Sederhana. Baca bismillah untuk mengusir setan supaya tidak ikut makan bersama. Mengingat usiamu yang belum genap lima tahun, tidak mengapa jika engkau menganggap kalimat bismillah sebagai mantra pengusir setan. Barangkali usia berpikirmu belum mampu menjangkau pengertian lebih dari itu. Tapi semakin bertambah usiamu, pengetahuanmu juga harus bertambah. Kelak, engkau harus memahami mengapa Muhammad Rasulullah saw mengajarkan umatnya membaca bismillah sebelum makan.  

Begini,

Alquran diawali oleh Bismillahirrahmanirrahim. Itu berarti segala sesuatu yang ditujukan untuk kebaikan hidup haruslah juga diawali oleh Bismillah.. Mengapa bismillah..? Mengapa bukan kalimat yang lain? 

Perhatikan,

......... بِسْمِ اللَّهِ   (QS. 1:1) 

Bi = dengan, bersama
Ism = nama
Allah = Sang Tuhan, The God
Bismillah = dengan nama Allah

Bukankah kalimat bismillah.. itu jelas? Adakah aroma mistis meruap darinya? Tidak! Mengucap bismillah sebelum berbuat tidak berarti perbuatan itu tiba-tiba menjadi sah, diridhai dan diganjar kebaikan oleh Allah. Bismillah.. bukanlah kalimat mantra. Ia adalah petunjuk, pertanda. Sebuah tanda bahwa orang yang mengawali perbuatan dengan ucapan bismillah sedang menyatakan dirinya dengan sadar bahwa perbuatannya itu dilakukan atas nama Allah. Oleh karena itu harus dilakukan sesuai dengan kehendak Allah, sesuai dengan ajaran Allah. Bukan ia yang memilih cara berbuat, tetapi ia mengikuti cara yang dipilihkan Allah untuknya. Apabila suatu perbuatan dilakukan dengan cara-Nya, maka tentu saja perbuatan itu akan membuahkan hasil yang baik. Dan sebaliknya, apabila suatu perbuatan tidak dilakukan dengan cara-Nya (tidak dilakukan dengan bismillah) maka perbuatan itu akan sia-sia.

Nah, barangkali sudah ada sedikit gambaran, mengapa sebelum makan, atau juga sebelum aktifitas lainnya, kita harus membaca bismillah, yaitu agar kita melakukannya sesuai dengan cara yang dikehendaki Allah. Bagaimanakah? Kehendak yang mana? Allah yang mana? Apakah sama Allahmu dengan Allahku atau dengan Allah mereka?

Hhmm… Insya Allah disambung lagi deh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar