Total Pengunjung

AYO MEMBACA ALQURAN SECARA BERMAKNA UNTUK MENATA KEHIDUPAN SEMESTA !!

Minggu, 14 Maret 2010

SEBELUM BERGERAK, SEGERA TUNTASKAN TUGAS PERTAMAMU: MEMBACA AL-FATIHAH!

Duhai, apakah telah engkau dapatkan alasan mengapa engkau membaca Al-Fatihah sebelum engkau mulai benar-benar bergerak menata kehidupan dan kemanusiaan? Bahkan lebih dari itu, di tengah-tengah pergerakanmu nanti, engkau akan mengulang-ulangi membaca Al-Fatihah minimal 17 kali sehari semalam.

Al-Fatihah adalah surah Makkiyah, yaitu surah yang diturunkan di Mekah sebelum hijrah. Pertama dalam urutan mushaf, dan kelima dalam urutan penurunan. Dinamakan Al-Fatihah karena ia adalah kunci pembuka hati dan pikiranmu untuk lebih mudah menerima instruksi-intruksi gerakan dalam surah-surah berikutnya. Maka, bagi engkau yang telah memutuskan untuk bergerak menata kehidupan dan kemanusiaan, segera tuntaskan tugas pertamamu, yaitu membaca Al-Fatihah.

Duhai, bergerak menata kehidupan dan kemanusiaan di atas jalan yang lurus menjadikanmu sebagai seorang Pejuang. Kini engkau bukan lagi seorang Pelancong atau pun seorang Penonton. Engkau adalah seorang Pejuang! Seorang Pionir sekaligus Komandan gerakan! Engkau adalah setetes embun yang telah tercebur dalam arus gerakan yang mengalir deras dengan suara yang bergemuruh lalu menyatu bersama tetes-tetes embun lainnya menjadi lautan! Di tengah lautan itu, di manakah engkau? Tidak ada! Engkau telah lenyap. Engkau telah menjadi lautan itu sendiri! Namun begitu, engkau harus tetap menjaga pesona individualistikmu!

Duhai, engkau telah bergabung dalam keramaian gerakan. Tidak ada lagi beda antara engkau dan orang-orang yang bergerak bersamamu. Identitasmu telah tersamarkan! Engkau adalah mereka! Namun dalam keramaian itu, engkau tetap seorang diri, sebatang kara! Ganjaran yang akan diberikan kepadamu tergantung dari hasil karyamu sendiri.
Ah, engkau bertanya lagi, Mengapa harus Al-Fatihah yang pertama kali dibaca?
Agar keseimbangan gerakmu menjadi kokoh! Perhatikan keseimbangan surah Al-Fatihah dalam table berikut ini:

QS. 1:1-4:engkau menghadap Tuhanmu seorang diri
QS. 1:5-7:engkau menghadap Tuhanmu bersama orang-orang lain

QS. 1:1-4:realisasi dari syahadat: Tidak ada Tuhan selain Allah
QS. 1:5-7:realisasi dari syahadat: Muhammad bin Abdullah adalah seorang hamba dan juga utusan Allah

QS. 1:1-4:engkau adalah manusia individual
QS. 1:5-7:engkau adalah manusia sosial

QS. 1:1-4:engkau berdiam dalam kesendirian dan ketidakpedulianmu terhadap sekitar
QS. 1:5-7:engkau bergerak dalam keramaian menghimpun kekuatan untuk menata kehidupan dan kemanusiaan

QS. 1:1-4:engkau diam menunggu dan menerima keputusan
QS. 1:5-7:engkau mencari atau bahkan membuat keputusan sendiri

Nah, bukankah Al-Fatihah membuat diri kemanusiaanmu menjadi lengkap hingga gerakanmu tidak menjadi oleng ke kanan atau pun ke kiri? Karena itu, segera selesaikan tugas pertamamu: membaca Al-Fatihah!

Salam,
Renungan2 diatas adalah salah satu contoh isi buku Qur'anic Character Building, jika anda berkenan kami dapat mengirimkannya via pos sejumlah buku yang anda butuhkan sebagai bahan diskusi bersama para SAHABAT-QUr'an ataupun untuk perenungan sendiri hanya dengan memberikan infak untuk Gerakan Nasional Indonesia Bertaqwa.

Ayo, kita kembali membaca Al-Qur'an dengan mentalitas pergerakan menata kehidupan dan kemanusiaan!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar