Total Pengunjung

AYO MEMBACA ALQURAN SECARA BERMAKNA UNTUK MENATA KEHIDUPAN SEMESTA !!

Selasa, 30 Maret 2010

Qur'anic Character Building Volume 3: Pendahuluan

Bukan secara kebetulan, kalau surah Al Baqarah di letakkan setelah surah Al Fatihah, tentu ada maksud dan tujuan yang harus dipenuhi oleh pembacanya. Setelah membaca Al Fatihah kita membaca Al Baqarah, ada apa dengan Al Baqarah ?

Dalam materi Qur’anic Character Building Volume 2, kita telah memahami Al Fatihah dengan mentalitas seorang muslim yang memahami agamanya sebagai agama aksi. Dalam Volume 3 sampai dengan Volume 6 kita dihadapkan pada surah Al Baqarah untuk mendapatkan instruksi-instruksi gerakan selanjutnya. Instruksi-instruksi itu dipaparkan kepada pembaca Al Baqarah secara sistematis, mulai dari instruksi dasar yang menyiapkan mental untuk terus bergerak, kemudian memberikan alasan utama mengapa harus terus bergerak, dan bagaimana pergerakan ini harus di lakukan.

Volume 3 ini melontarkan pertanyaan: mengapa Al Baqarah ? setengah dari jawaban atas pertanyaan tersebut akan tuntas dipahami setelah tuntas membaca sampai Volume 6, itu juga berarti tuntas membaca Juz pertama. Bahkan kita akan dapat menjawab pertanyaan sesungguhnya: mengapa menjadi muslim? Bagaimana manhaj Islami akan mampu menata kehidupan dan kemanusiaan menjadi lebih baik lagi?

Maka, bacalah Volume 3 ini dengan semangat meneruskan niat bergerak yang telah ditumbuhkan oleh surah Al Fatihah (Volume 2).

Jadi, sebelum kita melanjutkan dan benar-benar bergerak, Al Baqarah akan meminta kita untuk menentukan sikap: siapakah kita, di antara tiga kelompok pergerakan di manakah posisi kita? (lihat ayat 1-20). Al Baqarah meminta kita untuk memilih satu dari tiga kelompok yang ada. Jika pilihan kita benar, maka arah pergerakan akan mulai terlihat (lihat ayat 21-29) lalu identitas kita yang sesungguhnya akan terungkap: siapakah kita?

Ah, sebaiknya kita segera saja membuka dan membaca surah Al Baqarah mulai dari kalimat pertama. Tapi sebelumnya, mari kita membaca surah Al Fatihah terlebih dahulu, kalimat demi kalimat, agar keterkaitan antar instruksi (ayat) menuju jalan yang lurus dapat tetap terpelihara

Nah, selamat membaca dan lanjut bergerak!

Salam,
Jika anda berkenan, Qur’anic Character Building Vol 1 dan 2 siap dikirimkan ke alamat anda via pos. SMS alamat ke 02132750062

Tidak ada komentar:

Posting Komentar