Total Pengunjung

AYO MEMBACA ALQURAN SECARA BERMAKNA UNTUK MENATA KEHIDUPAN SEMESTA !!

Sabtu, 27 Maret 2010

BISMILLAH...: DARI SINI, ENGKAU MULAI BERGERAK! (1)

Apakah yang engkau baca pertama kali dalam Al-Qur’an?

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (QS. 1:1)

Untuk apa? Mengapa tidak kalimat yang lain?

Perhatikan kembali,
Untuk apakah Al-Qur’an diturunkan kepadamu?
Untuk apakah engkau membaca Al-Qur’an setiap saat? Untuk apakah engkau membaca petunjuk-petunjuk itu? Apa yang ingin engkau lakukan dengan mengikuti petunjuk-petunjuk itu?

Nah, sebagai awal langkahmu, engkau diharuskan membaca Basmalah terlebih dahulu sebelum yang lain.

Siapakah yang engkau sebut dalam kalimat Basmalah itu?
Mengapa engkau menyebut nama-Nya sebelum engkau mulai melakukan sesuatu?

Apakah engkau ingin Dia membantumu dalam segala apa yang engkau lakukan?

Mengapa engkau mengharapkan bantuan-Nya? Apakah engkau tidak bisa melakukannya sendiri?

Apakah engkau juga mengharapkan bantuan dari selain-Nya?
Mengapa engkau tidak menyebut nama selain nama-Nya?

Ah, barangkali engkau sudah merasa cukup hanya dengan-Nya.

Kalau begitu, mengapa engkau masih ragu melangkah bergerak dan bertindak? Bukankah semua petunjuk itu disediakan untuk mengarahkan gerakanmu? Dan petunjuk pertama yang engkau dapatkan adalah: sebutlah nama-Nya agar Dia juga ikut bergerak bersamamu.

Setelah engkau membaca Basmalah, apakah engkau merasakan kehadiran-Nya yang ikut bergerak bersamamu?

Pada saat bergerak bersama-Nya, apa yang sepatutnya engkau lakukan?
Masihkah engkau ragu melangkah bergerak dan bertindak?

Sungguh telah basah lidahmu membaca Basmalah setiap saat.Tahukah engkau, siapakah nama yang engkau sebut dalam kalimat Basmalah itu?

Ya, nama yang engkau sebut setiap saat itu adalah Allah! Siapakah Allah?

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa`at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. 2:255)

Duhai, engkau telah memiliki pengetahuan tentang Allah: sebuah nama yang engkau sebut setiap saat. Apakah arti pengetahuan itu bagimu? Apakah pengetahuan itu memberi kesadaran kepadamu tentang sesuatu?

Jadi, engkau telah memiliki pengetahuan yang membuatmu berkesadaran tentang Allah: sebuah nama yang engkau sebut setiap saat. Kini, terserah padamu, apakah engkau akan terus membaca basmalah dengan kesadaran akan impact dari nama ilahi tersebut atau tidak. Sesungguhnya telah jelas cara yang benar dari cara yang sesat.

Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. 2:256)

Maka, cara manakah yang engkau pilih? Membaca Basmalah dengan berkesadaran akan pengetahuan yang berguna tentang Allah atau membaca Basmalah tanpa kesadaran apa pun?

Jika pada saat engkau mulai bergerak, engkau membaca Basmalah dengan berkesadaran akan pengetahuan yang berguna tentang Allah, apakah yang akan engkau peroleh dalam setiap pergerakanmu?


Allah Pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman). Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya ialah syaitan, yang mengeluarkan mereka dari cahaya kepada kegelapan (kekafiran). Mereka itu adalah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. (QS. 2:257)

Oleh karenanya, teruslah bergerak sambil membaca dengan penuh keyakinan petunjuk-petunjuk yang telah Allah berikan kepadamu, niscaya Allah akan hadir di jalanmu sebagai pelindung pergerakanmu.

Salam,
Renungan2 diatas adalah salah satu contoh isi buku Qur'anic Character Building, Anda berminat? Barangkali materi tersebut akan menemani kajian Anda dan teman2
Ayo, kita kembali membaca Al-Qur'an dengan mentalitas pergerakan menata kehidupan dan kemanusiaan!!

2 komentar:

  1. ijin di muat dalam buletin jum'at di kota manokwari papua barat...

    BalasHapus
  2. silahkan... kirim alamat pos anda ke 02132750062, nanti saya kirimkan buku qur'anic character buildingnya secara berkala

    BalasHapus