Total Pengunjung

AYO MEMBACA ALQURAN SECARA BERMAKNA UNTUK MENATA KEHIDUPAN SEMESTA !!

Kamis, 17 Januari 2013

Teori Kemenangan Islam Berdasarkan QS. Al-Fath ayat 1-29 (Bag.1)



Tulisan ini adalah rajutan dari beberapa diskusi di FB baik langsung maupun tidak, silakan mengikuti…

Alquran surat Al-fath ayat 1-29 berbicara ttg teori kemenangan jamaah Muslimin, bahwa kemenangan itu adalah suatu hal yg pasti terjadi setelah sebab2 nya terpenuhi. Dgn kata lain, kemenangan itu adalah akibat. Hukum sebab-akibat inilah yg disebut sebagai sunnatullah. Ayat 23 surat Al-fath menyebutkan: demikianlah sunnatullah yg telah berlaku sejak dulu, kamu sekali-kali tdk akan menemukan perubahan pada sunnatullah itu.

Akhi Sutrisno Nurhumaedi, surah Al-Fath ayat 23 tersebut sejalan dengan ayat beriktu ini:

Ar-Ruum:30

فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًۭا ۚ فِطْرَتَ ٱللَّهِ ٱلَّتِى فَطَرَ ٱلنَّاسَ عَلَيْهَا ۚ لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ ٱللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui [1169],
Menurut surat Ar-Ruum ayat 30, kebanyakan orang tdk mengetahui hukum sebab akibat yg telah Allah gariskan. Oleh karenanya, banyak org memperdebatkan cara-cara menuju kemenangan. Masing-masing mengklaim bahwa caranya yg paling benar dibanding cara lainnya. Padahal, perdebatan seperti itulah yg akan menyebabkan jamaah muslimin kehilangan kekuatannya sehingga jauh dari kemenangan seperti yg diungkap oleh qs.8:46.

Teori kemenangan surat Al-Fath dimulai dengan penegasan bahwa kemenangan yang diraih oleh Jamaah Muslimin adalah semata-mata pemberian Allah. Ayat pertama surat Al-Fath mengungkapkan: Sungguh, Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yg nyata (qs. 48:1). Penggunaan kata kerja lampau (fiil madhi) pada ayat tersebut memberikan pemahaman kepada pembacanya, bahwa (1) kemenangan itu telah diraih oleh Jamaah Muslimin pada masa lalu. Bagi kita, kemenangan masa lalu itu adalah kemenangan dimasa Muhammad Rasulullah bersama para pengikut setianya. (2) Kemenangan yg pernah terjadi dimasa lalu menjadi bukti bagi masa kini, bahwa teori kemenangan yg diajukan dalam surat ini adalah teori yg teruji dan terbukti benar. Ujung ayat ke-20 menjelaskan: dan agar menjadi bukti bagi orang-orang mukmin, dan agar Dia menunjukkan kamu ke jalan yg lurus (qs. 48:20). Dan (3) Bagi kita di masa kini, penggunaan fiil madhi, yaitu kata fatahnaa, mengisyaratkan bahwa kemenangan itu sangat dekat sekali, dan tentu saja setelah keseluruhan teori kemenangan dalam surat ini diterapkan.   

Kemenangan itu apa mas???? Secara arti sebenarnya???? Yang d raih kemenagan saat ini opo mas???

Mas Totok Kurniawan, kemenangan itu apa? Terjadi perbedaan pendapat tentang maksud dari kata fath (kemenangan) didalam ayat itu. Ada yang mengatakan bahwa ia adalah Futuh Mekah, berbagai kemenangan yang didapat oleh Rasulullah saw, kemenangan orang-orang Romawi, ataupun baiat Ridwan pada hari-hari Hudaibiyah, namun banyak yang menyebutkan bahwa kemenangan itu adalah perjanjian Hudaibiyah.

Mengapa umat Islam, pada saatnya nanti, harus dimenangkan? Karena Allah ingin menyepurnakan ni'mat-Nya (baca qs.48:1-3)

Bentuk kesempurnaan ni'mat itu adalah:
1. Semua hukum Allah dapat ditegakkan
2. Umat Islam telah memiliki wilayah kekuasaan
3. Khilafah Islamiyah telah tegak
4. Orang-orang kafir telah putus asa dalam upayanya menghapuskan syariah Islam
5. Umat Islam telah menjadi kekuatan yang ditakuti oleh orang-orang kafir

Disempurnakannya ni'mat itu sebagai tanda bahwa Allah telah ridha kepada hamba-hamba-Nya yg komit memperjuangkan Islam sebagai sebuah sistem penataan kehidupan (baca qs.5:3) nah mas Totok Kurniawan, menurut indikasi ayat diatas, apakah saat ini kita sudah mencapai kemenangan?

Pertanyaan mas Totok Kurniawan: Yang d raih kemenagan saat ini opo mas???
Ada beberapa tingkatan kemenangan, mulai dari yg terkecil sampai yg terbesar. Kemenangan terkecil adalah ketenangan di dalam hati masing-masing anggota Jamaah Muslimin. Sedangkan kemenangan terbesar adalah masuk surga. Surat Al-Fath ayat 4-5 menjelaskan:
Dialah yg telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin untuk menambah keimanan atas keimanan mereka yang telah ada. Dan milik Allah lah bala tentara langit dan bumi, dan Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana. Agar Dia masukkan mukmin laki-laki dan perempuan ke dalam surga yg mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya dan Dia akan menghapus kesalahan-kesalahan mereka. Dan yg demikian itu menurut Allah suatu kemenangan yg besar (qs. 48:4-5)

Ketenangan dlm hati yg dirasakan oleh masing2 anggota Jamaah Muslimin adalah kemenangan kecil yg akan terus beranjak menuju kemenangan besar. Ketenangan hati itu menambah keimanan mereka yg sdh ada. Bertambah iman artinya bertambah pengetahuan agama yg dipatuhi oleh perilaku. Bertambah iman merupakan indikasi dari tahapan kemenangan yg semakin meningkat.

Bersambung..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar