Total Pengunjung

AYO MEMBACA ALQURAN SECARA BERMAKNA UNTUK MENATA KEHIDUPAN SEMESTA !!

Minggu, 22 Juli 2012

Tugas Fungsional Yang Kedua Adalah Menjadi Khalifah Allah

Mengapa kamu bersikap kufur kepada-Nya?
Padahal Dia telah menciptakan bumi ini untukmu,
Dan menjadikan kamu sebagai Penanggung Jawab Bumi
Maka, apakah Dia akan membiarkan kamu begitu saja tanpa petunjuk?

--------
Setelah bergabung bersama kelompok Taqwa, engkau mendapatkan dua tugas fungsional. Pertama, engkau bertugas sebagai hamba Allah (Qs. 2:21-22) dengan berpedoman kepada Alquran layaknya buku panduan tugas kerja (Qs. 2:23-24) untuk mewujudkan kehidupan surga dunia agar engkau dapat mengenali kehidupan surga akhirat (Qs. 2:25). Tanda kesetiaanmu pada tugas itu adalah engkau tidak mengabaikan pesan-pesan Alquran. Jika engkau abaikan, maka engkau akan dikeluarkan dari kelompok Taqwa (Qs. 2:26-29) lalu engkau menjadi tidak layak mendapatkan tugas fungsional kedua, yaitu menjadi Khalifah Allah (Qs. 2:30)

Memang, tugas fungsional kedua ini bukanlah tugas yang otomatis melekat. Tugas itu diberikan hanya ketika engkau telah melaksanakan tugas fungsional pertama, yaitu menjadi Hamba Allah. Hal ini dapat kita baca di Qs. 24:55, yang artinya:

Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar keadaan mereka, sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apa pun dengan Aku. Dan barang siapa yang tetap kafir sesudah janji itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik. (Qs. 24:55)

Maka, teruslah engkau membaca ayat demi ayat secara sistematis, agar engkau memahami bagaimana melaksanakan kedua tugas tersebut. Engkau telah sampai pada ayat 30, itu berarti engkau sudah mulai dipersiapkan menjadi Khalifah Allah di bumi. Engkau tidak akan dibiarkan begitu saja, engkau akan diberi petunjuk bagaimana menjadi Khalifah Allah.

Bagaimanakah?

Pertama, engkau harus belajar dari Nabi Adam as. Beliau adalah Khalifah Allah yang pertama ada di bumi. Dari Nabi Adam as, engkau akan pelajari apa sajakah yang membuat seorang Adam layak menjadi Khalifah, padahal menurut hitungan para Malaikat, seorang Adam malah berpotensi untuk merusak bumi dan saling menumpahkan darah (Qs. 2:30-34). Engkau juga akan belajar bagaimana Sang Khalifah Pertama bangkit dari kejatuhan (Qs. 2:35-39)


Kedua, engkau harus belajar dari Bani Israil. Mereka adalah para Khalifah yang gagal menjalankan tugas. Belajar dari kegagalan masa lalu agar engkau tidak mengalami kegagalan yang sama (Qs. 2:40-123)

Ketiga, engkau harus belajar dari Nabi Ibrahim as sebagai sosok Khalifah yang berhasil (Qs. 2:124-141)

Selanjutnya kita akan membaca ayat-ayat tersebut satu persatu, insya Allah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar