Total Pengunjung

AYO MEMBACA ALQURAN SECARA BERMAKNA UNTUK MENATA KEHIDUPAN SEMESTA !!

Jumat, 20 April 2012

Menjadi Hamba Ar-Rahman



Dialah Allah, tidak ada Tuhan selain Dia, yang mempunyai nama-nama yang terbaik (QS. 20: 8) Dari 99 nama-Nya yang terbaik, pertama kali dan yang paling utama engkau harus mengenal Ar-Rahman. Itulah nama yang pertama kali engkau dapati dalam Al-Quran (QS. 1:1) Dan itulah nama yang paling utama setelah nama Allah (QS. 17:110)

Ada apa? Tampaknya nama Ar-Rahman begitu istimewa? Isyarat apakah? Maka, tanyakanlah kepada yang lebih mengetahui tentang Ar-Rahman (QS. 25:59) Karena dia adalah utusan Ar-Rahman, maka tentu saja dia yang lebih mengetahui tentang Ar-Rahman. Dia diutus untuk membacakan Al-Quran (QS. 13:30) Yuk, kita membaca Al-Quran agar kita mendapatkan informasi tentang Ar-Rahman langsung dari-Nya. Setelah  mengenal-Nya, engkau tidak lagi bertanya-tanya: siapakah Ar-Rahman? Ketidaktahuanmu tentang-Nya akan membuatmu enggan sujud kepada-Nya (QS. 25:60)  

Duhai, tidak ada seorangpun di langit dan di bumi, kecuali akan datang kepada Ar-Rahman selaku seorang hamba (QS. 19:93) Apakah engkau yang menghamba kepada Ar-Rahman? yang selalu mengawali perbuatan dengan menyebut nama-Nya?  yang berbuat atas nama-Nya? Biarkan mereka merasakan bahwa engkau adalah benar-benar hamba Ar-Rahman, yaitu hamba yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang mengandung keselamatan (QS. 25:63)

Jika benar engkau menghamba kepada Ar-Rahman maka bersiaplah engkau menerima ajaran Al-Quran sebagai pedoman kehidupan. Dari siapakah? Langsung dari Ar-Rahman!

Ar-Rahman, Dialah Tuhan yang mengajarkan Al-Quran. Menciptakan manusia, dan mengajarkannya pandai bicara dengan logika dan pembuktian (QS. 55:1-4) Ya, Al-Quran akan membuatmu cerdas karena Al-Quran akan menjelaskan segala sesuatu kepadamu (QS. 16:89) tentang alam semesta yang ditata penuh keseimbangan (QS. 55:5-7) agar engkau jangan merusak keseimbangan itu (QS. 55:8-9). Jangan merusak, berarti engkau harus ikut memelihara keseimbangan itu, bahkan engkau harus hidup selaras dengan keseimbangan itu. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan? (QS. 55:13).

Ar-Rahman, Dialah Tuhan yang mengajarkan Al-Quran (QS. 55:1). Jika dibacakan ayat-ayat Ar-Rahman (Al-Quran) maka apakah engkau akan tunduk, sujud, dan menangis? (QS. 19:58) ataukah engkau malah berpaling dari peringatan Ar-Rahman dan sebagai akibatnya setan akan terus menjerumuskanmu kedalam kesesatan? (QS. 43:36) Tidakkah engkau tahu, bahwa setan itu sangat durhaka kepada Ar-Rahman?  (QS. 19:44) Dan ketika itu, ketika engkau seiring sejalan dengan setan, engkau akan mendapatkan azab dari Ar-Rahman. Bukan kasih sayang-Nya, tetapi azab-Nya! (QS. 19:45) Maka, janganlah engkau mempermainkan ajaran Al-Quran yang menyebabkanmu menjadi bagian dari orang-orang kafir . (QS. 7:50-52) Lalu engkau akan menjumpai hari yang penuh kesukaran ketika kelak engkau menghadapi Ar-Rahman  (QS. 25:26)

Duhai engkau yang mengaku hamba Ar-Rahman, tidakkah engkau juga merasakan kegelisahan Sang utusan Ar-Rahman? 

وَقَالَ الرَّسُولُ يَا رَبِّ إِنَّ قَوْمِي اتَّخَذُوا هَٰذَا الْقُرْآنَ مَهْجُورًا 
Berkatalah Rasul: Ya Rabbku, sesungguhnya kaumku telah menjadikan Al-Quran ini sesuatu yang diabaikan. (QS. 25:30)


nyambung lagi nanti.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar